Berbagi ilmu dan pengetahuan itu adalah suatu hal yang terindah

Corgi

Selasa, 10 April 2018

Belajar mengenal tentang IP Address


     Assalamulaikum wr . wb

A. PENDAHULUAN
 
     Pada materi ini, saya akan menjelaskan sedikit tentang IP Address itu apa ?. Mengkonfigurasi IP Address banyak dilakukan olah banyak orang. Sebelumnya kita dapat mengerti terlebih dahulu tentang IP Address.

- Pengertian

          Alamat IP (Internet Protocol Address atau sering disingkat IP) adalah deretan angka biner antara 32 bit sampai 128 bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet.

- Latar Belakang

      Komunikasi data dalam suatu jaringan membutuhkan suatu aturan tertentu sehingga computer-komputer yang terhubung dapat saling terjadi proses komunikasi data.

- Maksud dan tujuan

     - Untuk mengetahui yang dimaksud dengan IP addressing.
     - Untuk mengetahui pengklasifikasian jaringan internet.


- Hasil yang diharapkan

  - Mengenal dan mengerti tentang IP Address.
  - Dapat mengkonfigurasi IP Address di laptop anda.

B. ALAT DAN BAHAN

     - Laptop / Computer.
     - Materi / Modul tentang IP Address.

C. JANGKA WAKTU PELAKSANAAN

  Kapan pun bisa menpelajari tentang IP Address.

D. PROSES DAN TAHAP PELAKSANAAN

 Sistem pengalamatan IP ini terbagi menjadi dua, yakni:

   -  IP versi 4 (IPv4).
  -  IP versi 6 (IPv6).


          Pengiriman data dalam jaringan TCP/IP berdasarkan IP address komputer pengirim dan komputer penerima. IP address memiliki dua bagian, yaitu alamat jaringan (network address) dan alamat komputer lokal (host address) dalam sebuah jaringan.

Alamat IP versi 4

Alamat IPv4 terbagi menjadi beberapa jenis, yakni sebagai berikut:

   1. Alamat Unicast
 
      Merupakan alamat IPv4 yang ditentukan untuk sebuah antarmuka jaringan yang dihubungkan ke sebuah Internetwork IP.

   2. Alamat Broadcast.
  
       Merupakan alamat IPv4 yang didesain agar diproses oleh setiap node IP dalam segmen jaringan yang sama.

   3. Alamat Multicast.

           Merupakan alamat IPv4 yang didesain agar diproses oleh satu atau beberapa node dalam segmen jaringan yang sama atau berbeda.

  4.Representasi Alamat.

          Alamat IP versi 4 umumnya diekspresikan dalam notasi desimal bertitik (dotted-decimal notation), yang dibagi ke dalam empat buah oktet berukuran 8 bit.

Kelas-Kelas IP Address

  Ditentukan oleh besar ukuran jaringan

 Terbagi dalam 5 kelas :

  -  Kelas A : Digunakan untuk jaringan yang sangat besar.
  -  Kelas B : Digunakan untuk jaringan yang ukurannya medium.
  -  Kelas C : Digunakan untuk jaringan yang ukurannya kecil.
  -  Kelas D : Digunakan untuk IP Multicasting.
  -  Kelas E : Dicadangkan untuk penggunaan eksperimen.

Alamat Unicast IP versi 4

     Sebenarnya yang menjadi pembeda kelas IP versi 4 adalah pola biner yang terdapat dalam oktet pertama (utamanya adalah bit bit awal/high-order bit), tapi untuk lebih mudah mengingatnya, menggunakan representasi desimal

Kelas A

           Alamat-alamat unicast kelas A diberikan untuk jaringan skala besar. Nomor urut bit tertinggi di dalam alamat IP kelas A selalu diset dengan nilai 0 (nol).

Kelas B

        Alamat-alamat unicast kelas B dikhususkan untuk jaringan skala menengah hingga skala besar. Dua bit pertama di dalam oktet pertama alamat IP kelas B selalu diset ke bilangan biner 10.

Kelas C

       Alamat IP unicast kelas C digunakan untuk jaringan berskala kecil. Tiga bit pertama di dalam oktet pertama alamat kelas C selalu diset ke nilai biner 110.

Kelas D

        Alamat IP kelas D disediakan hanya untuk alamat-alamat IP multicast, sehingga berbeda dengan tiga kelas di atas. Empat bit pertama di dalam IP kelas D selalu diset ke bilangan biner 1110.

Kelas E

     Alamat IP kelas E disediakan sebagai alamat yang bersifat "eksperimental" atau percobaan dan dicadangkan untuk digunakan pada masa depan.

Alamat IP lainnya

             Jika ada sebuah intranet tidak yang terkoneksi ke Internet, semua alamat IP dapat digunakan. Jika koneksi dilakukan secara langsung (dengan menggunakan teknik routing).

- Alamat publik

     Alamat publik adalah alamat-alamat yang telah ditetapkan oleh InterNIC dan berisi beberapa buah network identifier yang telah dijamin unik (artinya, tidak ada dua host yang menggunakan alamat yang sama) jika intranet tersebut telah terhubung ke Internet.


- Alamat ilegal

           Intranet-intranet pribadi yang tidak memiliki kemauan untuk mengoneksikan intranetnya ke Internet dapat memilih alamat apapun yang mereka mau.

- Alamat Privat

      Setiap node IP membutuhkan sebuah alamat IP yang secara global unik terhadap Internetwork IP. Pada kasus Internet, setiap node di dalam sebuah jaringan yang terhubung ke Internet akan membutuhkan sebuah alamat yang unik secara global terhadap Internet.

Alamat Multicast IP versi 4

       Alamat IP Multicast (multicast IP address) adalah alamat yang digunakan untuk menyampaikan satu paket kepada banyak penerima.

Alamat Broadcast IP versi 4

         Alamat broadcast IP versi 4 digunakan untuk menyampaikan paket-paket data "satu-untuk-semua". Ada empat buah jenis alamat IP broadcast, yakni network broadcast, subnet broadcast, all-subnets-directed broadcast, dan Limited Broadcast.

Network Broadcast

     Alamat network broadcast IPv4 adalah alamat yang dibentuk dengan cara mengeset semua bit host menjadi 1 dalam sebuah alamat yang menggunakan kelas (classful).

Subnet broadcast

       Alamat subnet broadcast adalah alamat yang dibentuk dengan cara mengeset semua bit host menjadi 1 dalam sebuah alamat yang tidak menggunakan kelas (classless).

All-subnets-directed broadcast

         Alamat IP ini adalah alamat broadcast yang dibentuk dengan mengeset semua bit bit network identifier yang asli yang berbasis kelas menjadi 1 untuk sebuah jaringan dengan alamat tak berkelas (classless).

Limited broadcast
 

       Alamat ini adalah alamat yang dibentuk dengan mengeset semua 32 bit alamat IP versi 4 menjadi 1 (11111111111111111111111111111111 atau 255.255.255.255).

Alamat IP versi 6
 

            Berbeda dengan IPv4 yang hanya memiliki panjang 32 bit (jumlah total alamat yang dapat dicapainya mencapai 4,294,967,296 alamat), IPv6 memiliki panjang 128 bit. IPv6 memiliki panjang 128 bit, memiliki total alamat yang mungkin hingga 2128=3,4 x 1038 alamat.

Format Alamat

         Dalam IPv6, alamat 128 bit akan dibagi ke dalam 8 blok berukuran 16 bit, yang dapat dikonversikan ke dalam bilangan heksadesimal berukuran 4-digit.

Format Prefix

        Dalam IPv4, sebuah alamat dalam notasi dotted-decimal format dapat direpresentasikan dengan menggunakan angka prefiks yang merujuk kepada subnet mask.

Jenis-jenis Alamat IPv6

IPv6 mendukung beberapa jenis format prefix, yakni sebagai berikut:

  1.  Alamat Unicast, yang menyediakan komunikasi secara point-to-point, secara langsung antara dua host dalam sebuah jaringan.

  2.  Alamat Multicast, yang menyediakan metode untuk mengirimkan sebuah paket data ke banyak host yang berada dalam group yang sama. Alamat ini digunakan dalam komunikasi one-to-many.

  3. Alamat Anycast, yang menyediakan metode penyampaian paket data kepada anggota terdekat dari sebuah group. Alamat ini digunakan dalam komunikasi one-to-one-of-many.

Unicast Address

Alamat unicast IPv6 dapat diimplementasikan dalam berbagai jenis alamat, yakni:

   - Alamat unicast global.
   - Alamat unicast site-local.
   - Alamat unicast link-local.
   - Alamat unicast yang belum ditentukan (unicast unspecified address).
   - Alamat unicast loopback.
   - Alamat Unicast 6to4.
   - Alamat Unicast ISATAP.

Unicast global addresses

         Alamat unicast global IPv6 mirip dengan alamat publik dalam alamat IPv4. Dikenal juga sebagai Aggregatable Global Unicast Address.

Unicast site-local addresses

   Ruang lingkup dari sebuah alamat terdapat pada Internetwork dalam sebuah site milik sebuah organisasi.

Unicast link-local address

       Alamat unicast link-local adalah alamat yang digunakan oleh host-host dalam subnet yang sama.
Unicast unspecified address

         Alamat Unicast yang belum ditentukan adalah alamat yang belum ditentukan oleh seorang administrator atau tidak menemukan sebuah DHCP Server untuk meminta alamat.

Unicast Loopback Address

       Alamat unicast loopback adalah sebuah alamat yang digunakan untuk mekanisme interprocess communication (IPC) dalam sebuah host.

Unicast 6to4 Address

        Alamat unicast 6to4 adalah alamat yang digunakan oleh dua host IPv4 dan IPv6 dalam Internet IPv4 agar dapat saling berkomunikasi.

Unicast ISATAP Address

           Alamat Unicast ISATAP adalah sebuah alamat yang digunakan oleh dua host IPv4 dan IPv6 dalam sebuah Intranet IPv4 agar dapat saling berkomunikasi.

Multicast Address

         Paket-paket yang ditujukan ke sebuah alamat multicast akan disampaikan terhadap semua interface yang dikenali oleh alamat tersebut.

Anycast Address

        Alamat Anycast dalam IPv6 mirip dengan alamat anycast dalam IPv4, tapi diimplementasikan dengan cara yang lebih efisien dibandingkan dengan IPv4.

E. HASIL YANG DI DAPATKAN

    Dapat mengenal dan mengetahui tentang IP Address seperti Clas -class, Sistem pengalamatan ,  

F. RUMUSAN PERMASALAHAN

1. Apa maksud dari IP Address ?.
2. Clas - clas yang terdapat di IP Address ?
3. Sistem - sistem pengelamatan IP Address ?.

G. KESIMPULAN

            IP Address (Internet Protokol Address) adalah suatu identitas numerik yang dilabelkan kepada suatu alat seperti komputer,router atau printer yang terdapat dalam suatu jaringan komputer.

H. REPRENSI DAN DAFTAR PUSTAKA

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Alamat_IP.

                                    Wasalamulaikum wr.wb




Share:

0 komentar:

My profil

My profil

Follows

Arsip Blog

The number of views this blog

Blog Archive

<< SELAMAT >> << DATANG >>