Berbagi ilmu dan pengetahuan itu adalah suatu hal yang terindah

Corgi

Jumat, 23 Maret 2018

Belajar tentang apa yang dimaksud dengan internet



Hasil gambar untuk internet

Assalamulaikum wr .wb

A. PENDAHULUAN

       Pada materi ini., saya akan menjelaskan tentang apa itu Internet. Banyak orang mengunakan internet, sudah semua orang melakukan pekerjaan dengan mengunakan internet.

- Pengertian

       Internet ( Interconnection networking ) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung mengunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite ( TCP/IP ).

- Latar Belakang

   Belajar tentang apa itu Internet dan juga perkembangan sejarahnya.

- Maksud dan tujuan

     Dapat mengetahui apa itu internet dan dapat berguna untuk informasi yang berguna dalam perkerjaan.

- Hasil yang diharapkan

      Menggunakan Internet dengan hati - hati dan semoga mendapatkan informasi lebih luas.
  
B. ALAT DAN BAHAN

   1. Laptop/ Netboox/ Komputer / handphone yang terkoneksi jaringan.
   2. Aplikasi browser / firefox.

C. JANGKA WAKTU PELAKSANAAN

   Kapan pun bisa belajar tentang Internet.

D. PROSESDAN TAHAP PELAKSANAAN

Sejarah Internet

      Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.

         Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Internet saat ini

   Internet dijaga oleh perjanjian bilateral atau multilateral dan spesifikasi teknikal ( Protocol ini dibentuk berdasarkan perbincangan Internet Engineering Task Force ( IETF ).  Sebagian dari RFC dijadikan Standar Internet ( Internet Standard ), oleh Badan Arsitektur Internet ( Internet Architecture BoardIAB). Protocol-protocol Internet yang sering digunakan adalah IP, TCP, UDP, DNS, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, Telnet , FTP , LDAP dan SSL.
     
Budaya Internet

          Perkembangan Internet juga telah memengaruhi perkembangan ekonomi. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka (dan sebagian sangat kecil melalui pos atau telepon), kini sangat mudah dan sering dilakukan melalui Internet. Transaksi melalui Internet ini dikenal dengan nama e-commerce.

Tata tertib Internet

    Sama seperti halnya sebuah komunitas, Internet juga mempunyai tata tertib tertentu, yang dikenal dengan nama Nettiquette atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah netiket.
     
Isu moral dan undang-undang

     Terdapat kebimbangan masyarakat tentang Internet yang berpuncak pada beberapa bahan kontroversi di dalamnya. Pelanggaran hak cipta, pornografi, pencurian identitas, dan pernyataan kebencian (hate speech), adalah biasa dan sulit dijaga.

Akses Internet

       Negara dengan akses Internet yang terbaik termasuk Korea Selatan (50% daripada penduduknya mempunyai akses jalur lebar - Broadband), dan Swedia. Terdapat dua bentuk akses Internet yang umum, yaitu dial-up, dan jalurlebar. Di Indonesia, seperti negara berkembang di mana akses Internet dan penetrasi PC sudah cukup tinggi dengan didukungnya Internet murah dan netbook murah.

Penggunaan Internet di tempat umum

    Internet juga semakin banyak digunakan di tempat umum. Beberapa tempat umum yang menyediakan layanan Internet termasuk perpustakaan, dan Internet cafe/warnet (juga disebut Cyber Cafe). Terdapat juga tempat awam yang menyediakan pusat akses Internet, seperti Internet Kiosk, Public access Terminal, dan Telepon web.

E. HASIL YANG DI DAPATKAN

       Menggunakan dengan baik dan berguna untuk membantu pekerjaan sehari-hari. dan mendapatkan informasi yang jelas.

F. RUMUSAN PERMASALAHAN

     Apa itu Internet dan Bagaimana cara mengunakan internet dengan baik dan benar.

G. KESIMPULAN

    Internet merupakan melayani milyaran pengguna di seluruh dunia. internet ini berguna untuk pekerjaan seseorang.

H. REPRENSI DAN DAFTAR PUSTAKA

 1. https://id.wikipedia.org/wiki/internet.

          Wasalamualikum wr . wb
Share:

0 komentar:

My profil

My profil

Follows

Arsip Blog

The number of views this blog

Blog Archive

<< SELAMAT >> << DATANG >>